gejala anemia

Menurut WHO (World Health Organization), lebih dari 1,6 juta penderita diabetes kehilangan nyawa mereka (data diambil tahun 2016).

Yap, menderita sakit diabetes memang membahayakan karena itu dibutuhkan alat cek gula darah guna memberitahu apakah kadar gula darah di dalam tubuh meningkat atau tidak.

Tidak hanya itu saja, penderita diabetes juga terkadang tidak diperbolehkan mengonsumsi camilan kesukaan.

Padahal, sebenarnya tidaklah begitu, penderita tetap diperbolehkan mengonsumsi berbagai camilan sehat khusus untuk penderita diabetes, yang mana camilan-camilan ini tidak akan menaikkan gula darah di dalam tubuh.

Nah, seperti diketahui, kemunculan penyakit diabetes ini sendiri bisa ditandai dengan beberapa gejala misalkan penglihatan kabur, sering buang air kecil, mudah lapar, kelelahan, tubuh lemah, bahkan yang lebih parah kaki bengkak.

Namun demikian, gejala-gejala ini juga muncul pada beberapa penyakit berikut ini, check it out: (source: style.tribunnews.com)

Penyakit yang gejalanya mirip Diabetes

  1. Stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh, lantaran bisa menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan. Melansir dari tribunnews, terjadinya gejala stroke ini disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di sekitar otak. Munculnya penyakit ini bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti tubuh lemah, penglihatan kabur, kesemutan ditangan maupun kaki. Beberapa gejala yang muncul ini tentu bisa ditemukan pada penderita diabetes.
  2. Anemia. Anemia atau kekurangan darah menunjukkan gejala yang hampir mirip dengan diabetes, di mana penderita mudah kelelahan sekaligus kerap pingsan. Namun, yang membedakan adalah penderita diabetes lebih sulit memproses glukosa yang terdapat di dalam tubuh. Sedangkan, anemia terjadi karena darah tidak mampu mendistribusikan oksigen dengan baik ke seluruh tubuh.
  3. Glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit kronis yang mengganggu penglihatan. Penyebab munculnya penyakit ini adalah karena rusaknya saraf pada mata. Gejala timbulnya penyakit ini bisa ditandai dengan mulai kaburnya penglihatan, mirip dengan diabetes memang. Akan tetapi, glaukoma menyerang mata penderitanya namun diabetes tidak.
  4. Aterisklerosis. Aterisklerosis adalah penyakit berbahaya yang terjadi karena pembuluh darah yang membawa oksigen ke tubuh mengalami pembekuan. Sama halnya dengan diabetes, gejala dari penyakit ini ditandai dengan tubuh mudah lelah dan penglihatan kabur. Meskipun penyakit satu ini sangat jarang didengar tapi begitu membahayakan jika menyerang tubuh karena bisa menyumbat aliran darah karena itu harus diwaspadai.

Itulah beberapa penyakit yang gejalanya mirip dengan diabetes. Selalu waspada dengan segala penyakit yang bisa membayakan tubuh, ya! –SH–

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here