meningkatkan daya tahan tubuh

Memiliki anggota keluarga yang sedang menderita suatu penyakit pasti akan membuat Anda juga harus waspada, terutama jika penyakit tersebut menular.

Tentu saja, waspada di sini bukanlah dengan cara menjauhinya, melainkan Anda wajib untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular.

Sebab, meskipun Anda dan keluarga sudah berada dalam perlindungan asuransi kesehatan keluarga, bukan berarti Anda jadi berharap atau merasa tidak masalah jika sakit, kan?

Untuk meningkatkan imunitas tubuh sebenarnya bukan hal yang sulit, karena Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut ini:

Cara meningkatkan daya tahan tubuh

  • Konsumsi makanan sehat

Di zaman sekarang, makanan kekinian yang tinggi gula dan lemak menjadi favorit para kaum milenial.

Padahal sudah jelas, berbagai makanan tersebut tidaklah sehat bagi tubuh. Ada baiknya jika Anda tetap ingin mengonsumsi makanan tersebut, batasi jumlahnya.

Selain itu, jangan lupa juga menyeimbangkannya dengan makanan sehat seperti sayur dan buah.

  • Istirahat cukup

Berangkat pagi saat matahari belum terbit dan baru pulang saat jam sudah menunjukkan tengah malam.

Ini menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat perkotaan saat ini. Baik karena lembur kerja maupun hangout bersama teman-teman.

Padahal kondisi seperti ini akan membuat waktu istirahat Anda menjadi kurang dan bisa memengaruhi daya tahan tubuh Anda.

Tidak hanya itu, kurang waktu istirahat juga bisa memengaruhi sistem metabolisme dan sistem kerja otak juga. Berbahaya sekali, kan?

  • Berolahraga

Malas, menjadi salah satu alasan seseorang tidak berolahraga. Lebih parahnya lagi raasa malas ini juga membuat gaya hidup Anda menjadi pasif.

Misalnya lebih memilih untuk menggunakan lift padahal hanya naik satu lantai, menggunakan transportasi pribadi padahal lokasi yang dituju dekat dan bisa dijangkau berjalan kaki, dan sebagainya.

Gaya hidup seperti sudah pasti dapat membuat sistem imun Anda melemah. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit sehari untuk permulaaan agar sistem imun menguat.

  • Hindari rokok dan alkohol

Anda pasti sudah sadar berapaa banyak racun yang terkandung dalam satu batang rokok? Tidak hanya rokok saja, minuman yang mengandung alkohol juga sangat tidak baik untuk tubuh.

Apalagi jika Anda adalah perokok dan sekaligus mengonsumsi minuman beralkohol, maka sudah pasti daya tahan tubuh Anda akan melemah.

Semoga dengan menerapkan berbagai hal di atas, Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit ya! (Vita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here