fbpx
Bagikan

Bagi Anda para penderita skoliosis, tentunya sudah tahu bahwa penyembuhannya kini tidak harus dilakukan melalui operasi. Anda bisa menjalani scoliosis rehab dan juga menyeimbanginya dengan terapi serta menerapkan gaya hidup sehat. Pasalnya, gaya hidup sehat dapat membantu menghambat atau mengurangi bengkokan tulang belakang. Untuk itu, memperbaiki pola makan tentunya dapat mengurangi progresi skoliosis.

Anda tentunya sudah mengatahui makanan apa saja yang perlu dikonsumsi setiap harinya untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi. Hanya saja, apakah Anda sudah mengetahui makanan yang sebaiknya perlu dihindari? Jika belum, cek daftar berikut ini, yuk:

Makanan yang Harus Dihindari

  1. Makanan yang mengandung protein hewani. Meskipun masuk ke dalam daftar, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung protein, ya. Sebab, tubuh tetap memerlukan asupan protein untuk beraktivitas, namun dengan jumlah yang secukupnya. Terlalu banyak mengonsumsi protein dapat berdampak pada tulang Anda. Beberapa contoh makanan yang perlu dikurangi di antaranya adalah daging, telur, ayam, dan sejenisnya.
  2. Senang mengonsumsi kafein? Sebaiknya kurangi kebiasaan ini jika Anda memiliki skoliosis, ya. Melansir dari Hello Sehat, penelitian dari Swedish Department of Toxicology’s National Food Administration, mengungkapkan bahwa seseorang yang meminum 330 gram kafein atau sekitar 4 cangkir akan mengalami patah tulang dengan lebih banyak. Untuk itu, coba batasi konsumsinya, ya. Boleh mengonsumsi kafein, tapi imbangi juga dengan mengonsumsi air putih atau makanan bergizi lainnya.
  3. Garam berlebih. Sebagai salah satu penyedap rasa, hampir semua masakan pastinya menggunakan garam agar terasa semakin nikmat. Hanya saja, garam juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Setiap harinya, takaran konsumsi garam yang boleh dikonsumsi adalah sekitar 1.200 miligram. Jika melebihi batas tersebut, dikhawatirkan dapat menyebabkan ekskresi kalsium bagi penderita skoliosis.
  4. Mie instan. Terakhir adalah mie instan. Sesuai dengan namanya, meskipun nikmat, makanan ini mengandung banyak pengawet sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena bisa berdampak pada tubuh. Tidak hanya mie instan, beberapa makanan berpengawet lainnya seperti daging olahan, makanan kaleng, atau bahkan sereal instan juga sepatutnya dihindari.

Itu dia beberapa makanan yang sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari oleh para penderita skoliosis. Silakan diterapkan dan selamat mencoba, ya!

Bagikan