fbpx
Bagikan

Olahraga selalu masuk ke dalam aktivitas yang penting dilakukan jika ingin memiliki tubuh sehat. Itulah sebabnya banyak yang menjadwalkan olahraga sebagai kegiatan rutin harian. Baik berolahraga ringan seperti jogging di lingkungan rumah, menggunakan alat fitness di rumah, atau bahkan membuat member di tempat fitness yang dekat dengan domisilinya.

Namun, bagaimana jika setelah melakukan olahraga yang kamu rasakan bukan sehat, melainkan rasa sakit di seluruh badan? Apakah itu artinya kamu harus menghentikan aktivitas ini ataukah melanjutkannya?

Delayed Onset Muscle Sense

Melansir dari situs hellosehat, munculnya rasa sakit di tubuh saat berolahraga bisa disebabkan oleh DOMS (Delayed Onset Muscle Sense).Yaitu adanya kerusakan otot akibat kamu melakukan gerakan atau latihan yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya. DOMS ini umumnya baru akan terasa sekitar 6-8 jam setelah latihan selesai dan akan hilang setelah 24 hingga 48 jam.

Meskipun namanya kerusakan otot, kamu tidak perlu khawatir akan berbahaya. Sebab kondisi ini adalah sesuatu yang wajar dan semua orang bisa mengalaminya. Biasanya terjadi pada kamu yang melakukan suatu latihan tertentu untuk pertama kalinya sehingga ototmu perlu beradaptasi. Semakin sering kamu melakukan latihan yang sama secara berulang, maka ototmu akan beradaptasi sehingga rasa sakitnya akan hilang.

Namun, bukan berarti rasa nyeri atau sakit yang muncul di tubuhmu bisa diabaikan begitu saja ya. Sebab berdasarkan situs alodokter, selain dari DOMS ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab munculnya rasa sakit, yaitu:

Penyebab DOMS

  • Cedera ringan pada otot
  • Peradangan
  • Penumpukkan asam laktat akibat metabolisme otot
  • Adanya perubahan kadar enzim dan elektrolit di otot

Lalu, bagaimanakah cara paling ampuh menghilangkan rasa sakit di otot akibat olahraga ini? Berikut ini adalah saran yang diberikan oleh situs alodokter:

  • Pijat dengan lembut area yang sakit dan sekitarnya. Jika kamu merasa sakit saat memijat langsung suatu area, maka bisa memijat lembut area sekitarnya terlebih dahulu agar lebih rileks.
  • Kompres dengan air dingin area yang sakit jika terdapat pembengkakan. Cukup 10-15 menit saja. Setelah nyeri reda, kamu bisa mengompres dengan air hangat selama 10-15 menit juga. Kamu juga bisa membantu proses rileks dengan mandi air hangat.

Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah, kamu harus melakukan olahraga sesuai dengan kemampuanmu. Jangan memaksakan diri olahraga berlebihan demi mendapatkan hasil cepat karena hal ini tidak akan baik. Risikonya justru bisa membuatmu terserang penyakit. Selain itu, lakukan pemanasan terlebih dahulu dan lebih baik jika menggunakan instruktur terutama untuk kamu yang benar-benar pemula.

Bagikan