jerawat

 

Jerawat memang selalu menjadi musuh bagi para perempuan. Bagaimana tidak, jerawat bisa mengganggu penampilan dan membuat siapa pun menjadi tidak percaya diri. Oleh sebab itu, tak sedikit perempuan yang rutin melakukan perawatan menghilangkan jerawat, semata agar wajah kembali bersih dan mulus seperti sedia kala.

Nah, selain melakukan perawatan, kamu pun bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. Di antaranya:

  1. Selalu jaga agar kulit tetap bersih. Jika kulitmu termasuk ke dalam jenis kulit yang sering berjerawat, maka menjaga kebersihan wajah merupakan hal yang harus selalu dilakukan. Disarankan untuk selalu membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari untuk menghilangkan sel kulit mati, kotoran, dan juga minyak yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Jangan lupa untuk menggunakan sabun khusus yang sesuai dengan kondisi kulitmu, ya.
  2. Kurangi penggunaan make-up. Tidak sedikit perempuan yang memilih untuk menutupi jerawatnya dengan menggunakan make-up. Namun demikian, sebenarnya penggunaan make-up untuk mengurangi jerawat ini sangatlah tidak disarankan. Saat kulitmu sedang berjerawat, sebaiknya dibiarkan saja agar jerawat tersebut bisa cepat kering. Hindari menggunakan make-up yang bisa memperparah kondisi jerawatmu.
  3. Jangan menyentuh jerawat. Ketika jerawat di wajah sedang ‘matang-matangnya’, wajahmu akan terasa perih dan juga gatal. Oleh sebab itu, ada keinginan untuk menyetuh dan bahkan menggaruk jerawat dengan tangan. Nah, hindari kebiasaan ini, ya. Sebab bukan hanya jerawat menjadi infeksi, tetapi juga bisa membuat wajah iritasi karena tanganmu mengandung banyak bakteri.
  4. Jaga konsumsi makanan. Tidak bisa disangkal, merawat tubuh dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat pun bisa berpengaruh pada kondisi kulit kamu. Coba deh, mulai sekarang konsumsi buah dan sayur secara rutin. Hindari juga konsumsi makanan yang tinggi lemak agar jerawat tidak semakin berkembang.
  5. Santai dan jangan banyak pikiran. Banyak studi yang menunjukkan bahwa kondisi psikis kita sangat berkaitan dengan kondisi hormone kita. Ketika kamu stres dan sedang dalam kondisi tertekan, maka pertumbuhan jerawat di wajah pun akan semakin tumbuh. Jadi, coba yuk mulai kendalikan kondisi pikiranmu. Usahakan untuk selalu berpikir positif.

Lima hal di atas bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Silakan diterapkan dan semoga membantu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here