7 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara (Bukan Versi Onthespot)

Asia Tenggara adalah salah satu region Di Asia. Wilayah Asia Tenggara juga dilintasi garis Equator yang membuatnya kaya akan hutan hujan tropis, seperti di Indonesia ini, sangat kaya akan Hutan hujan tropis. Wilayah Asia Tenggara juga merupakan tempat bertemunya lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik, karena itulah di Asia Tenggara terdapat banyak gunung Api. Hutan hujan tropis + Gunung Api = SURGA!!

Gunung tertinggi di Asia Tenggara bukanlah Jaya Wijaya yang berada di Papua, melainkan Gunung HKakabo Razi di Myanmar. Selain itu, ada banyak gunung pencakar langit di Asia Tenggara, Gunung mana saja itu? Check this out!

 

  1. Gunung Ramelau

Hasil gambar untuk mount ramelau

Gunung Ramelau berada di Timor leste sekaligus menjadi yang tertinggi di negaranya dengan ketinggian 2.986 mdpl. Di puncak gunung ini berdiri megah sebuah patung Bunda Maria yang dijadikan tempat ziarah oleh warga setempat setiap bulannya.

2. Gunung Fansipan

Hasil gambar untuk mount fansipan

Selanjutnya kita punya gunung Fansipan yang berada di Indochina yaitu Vietnam, Laos dan Kamboja. Gunung Fansipan memiliki ketinggian 3.143 mdpl.

3. Gunung Kerinci

Hasil gambar untuk kerinci mountain

Bagi penggiat alam, pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Gunung Kerinci berada di perbatasan atara Padang, Jambi, dan Bengkulu. Tinggi Gunung Kerinci mencapai 3.805 mdpl. Akses menuju gunung ini juga masih sulit, maka dari itu, sebuah tantangan tersendiri untuk mendaki gunung ini.

4. Gunung Saramati

Hasil gambar untuk saramati mountain

Gunung Saramati berada di sebelah utara Myanmar dengan puncak tertingginya mencapai 3.826 mdpl. Gunung ini sebagai perbatasan alami lapak negara Myanmar dan lapak negara India.

5. Gunung Kinabalu

Hasil gambar untuk kinabalu peak

Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi di Malaysia dengan ketinggian mencapai 4.095 mdpl. Gunung ini berada di pulau Kalimantan, tepatnya di negara bagian Sabah, Malaysia.

Bagi warga setempat, Gunung Kinabalu dianggap sebagai simbol kebesaran yang diyakini bisa memberikan semangat persatuan diantara mereka. Gunung Kinabalu juga memiliki mitos yang dipercaya oleh suku Kadazan sebagai tempat bersemedinya jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal dunia.

6. Puncak Jaya

Hasil gambar untuk cartenz pyramid

Kita semua pasti tahu, Gunung Jaya Wija ya atau lebih dikenal dengan Puncak Jaya / Cartenz Pyramid adalah gunung tertinggi di Indonesia tercinta.

Ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl, Puncak Jaya merupakan satu-satunya tempat yang terdapat salju di Indonesia, yang sekarang sudah mulai menghilang karena pemanasan global.

7. Gunung Hkakabo Razi

Hasil gambar untuk hkakabo razi

Gunung Hkakabo Razi merupakan gunung tertinggi di Asia Tenggara, Gunung ini masuk dalam barisan pegunungan Himalaya. Puncak gunung Hkakabo Razi berada di ketinggian 5.881 mdpl.

Gunung Hkakabo Razi berada di provinsi Kachin, Myanmar. Selain itu, Gunung ini juga menjadi pembatas atara tiga naegara yaitu China, India, dan Myanmar.

Itulah dia 7 gunung tertinggi di Asia Tenggara. Lumayan, Indonesia menyumbangkan 2 Gunung! Bagi Anda yang tertarik untuk menyambanginya, semoga berhasil! Keep Safety, dan jangan lupa bawa kembali sampah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *