fbpx
Bagikan

Anak membutuhkan berbagai nutrisi untuk memenuhi kebutuhan masa pertumbuhannya dan juga menjaga kesehatannya. Selain dari suplemen anak yang bisa dikonsumsi secara rutin, banyak orangtua yang memberikan sayuran pada anaknya. Sebab, sayuran mengandung serta yang tinggi dan juga nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Nah, selain memberikan anak sayuran dalam bentuk masakan, Anda juga bisa loh menyiapkannya dalam kondisi segar atau mentah. Berikut ini beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi mentah:

Sayuran Mentah Penuh Nutrisi

  • Brokoli

Banyak orang yang tidak tahu bahwa sayuran ini bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah dan memilih untuk memasaknya sebentar sebelum dikonsumsi. Namun ternyata sayuran ini justru disarankan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Brokoli merupakan sayuran cruciferous dengan kandungan caretonoids paling tinggi sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga tinggi sehingga baik untuk meningkatkan imunitaas tubuh.

  • Kol

Kol umum dikonsumsi dalam kondisi mentah sebagai lalapan. Rasanya yang sedikit manis dengan tekstur krispy membuatnya nikmat dikonsumsi dengan cocolan sambal. Namun, selain nikmat, sayuran ini juga menjadi sumber vitamin C dan K yang tepat karena mengandung 20% dari kadar harian yang dibutuhkan tubuh.

Namun, untuk Anda yang memiliki masalah asam lambung wajib waspada dengan sayuran ini. Sebab, kol mengandung gula kompleks yang sulit untuk dicerna. Sayuran ini juga menyebabkan gas pada lambung dan meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpotensi memperparah kondisi penderita asam lambung.

  • Pak Choi

Sayuran hijau yang satu ini sering dinikmati bersama dengan mie rebus, di tumis, atau sekadar di rebus biasa. Sementara untuk kondisi mentah, biasanya sayuran ini dibuat menjadi jus dengan tambahan sayuran dan buah lainnya.

Sayuran ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi dan berperan sebagai antioksidan. Bahkan sayuran ini menempati posisi ke-6 dalam kategori buah dan sayuran padat yang bergizi berdasarkan Aggregate Nutrient Density Index (ANDI).

Di antara semua sayuran di atas, manakah yang sering Anda konsumsi dalam kondisi mentah? Jika belum ada, yuk coba mulai konsumsi bersama keluarga.

Bagikan