fbpx
Bagikan

Apel adalah salah satu oleh oleh khas Malang yang paling laris dan variatif. Mulai dari buah segar yang bisa dipetik langsung di kebun wisata petik apel, keripik buah, dodol, hingga hingga cuka apel yang banyak manfaatnya jika dikonsumsi, semua merupakan produk berbahan dasar apel Malang. Nah, kalau kamu kebetulan membawa pulang apel Malang segar sebagai oleh-olehmu, ide-ide olahan dari buah apel berikut bisa jadi pilihan menarik, lho!

Makanan Olahan dari Apel

  • Apel goreng

Baru pertama dengar hidangan ini? Nah, saatnya coba kreasikan! Seperti namanya, apel goreng adalah buah apel yang digoreng dengan tepung. Sehingga, olahan ini serupa dengan pisang goreng yang dibalut dengan tepung terigu sebelum digoreng dengan minyak. Psst, kamu juga bisa tambahkan taburan bubuk gula atau kayu manis sebagai pelengkap sajiannya, lho!

  • Pai

Kalau kamu kurang suka dengan makanan berminyak, boleh coba olah apel Malang-mu menjadi Pai Apel. Caranya mudah saja, masak apel yang sudah dipotong dadu dengan gula palem, kayu manis, air jeruk, lemon, juga maizena hingga matang dan mengental. Selagi menunggu “selai” apel mendingin, kamu bisa membuat kulit pai yang terbuat dari tepung terigu, garam, gula pasir, butter selayaknya membuat kulit Terakhir, pindahkan adonan kulit pai ke loyang, lalu isi loyang yang sudah berlapis kulit pai dengan “selai” apel, dan panggang adonan sektiar 30 menit. Voila, pai apel pun jadi!

  • Selai

Pernah membuat kue nastar untuk hari raya? Nah, kamu juga bisa mengubah apel-apel segar yang kamu bawa dari Malang menjadi selai, lho. Cara membuatnya sama seperti ketika kamu mengadon nanas untuk isian nastar. Mulailah dengan mencuci kemudian menyerut atau memotong kecil (sesuai preferensi) apel. Setelah itu, masak apel dengan api kecil, tambahkan gula sesuai kebutuhan hingga adonan apel mengental. Simpan selai setelah dingin, kemudian gunakan selai itu sebagai olesan roti sarapan kamu!

  • Biskuit

Apakah kamu hobi memanggang atau membuat kue? Jika iya, biskuit sari apel bisa jadi opsi lain untuk ide olahan dari buah apel. Menu satu ini bisa kamu buat seperti membuat biskuit cokelat atau cookies, yang menggunakan butter atau margarin, gula pasir, tepung terigu, baking powder, dan telur. Namun sebelum itu, rebus dulu potongan apel dengan air untuk membuat sari apel. Selanjutnya, proses semua adonan kue seperti kamu membuat cookies, kemudian tambahkan sari apel. Cetak satu per satu, dan panggang biskuit hingga kecokelatan. Menarik, bukan?

Nah, itulah dia ide-ide olahan dari buah apel yang bisa kamu coba setelah berwisata ke Kota Apel Malang. Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan