fbpx
Bagikan

Anko atau pasta kacang merah merupakan isian yang sering digunakan untuk cemilan tradisional khas Jepang. Disadari atau tidak, isian ini hampir selalu ditemukan dalam berbagai varian kue-kue tradisional. Konon, anko ini dulunya digunakan sebagai pengganti gula, jadi tak heran jika hingga kini masih banyak cemilan yang menggunakan anko sebagai isian.

Anko terbuat dari kacang merah atau azuki yang memiliki cita rasa manis. Meskipun sudah manis, azuki ini biasanya akan direndam dengan gula atau madu, sebelum dihaluskan menjadi pasta. Berikut beberapa cemilan yang memiliki isian kacang merah dan cukup populer di Jepang:

Cemilan Khas Jepang

  1. Anpan merupakan roti manis yang diisi dengan pasta kacang merah. Roti ini bertekstur lembut dan sangat disukai oleh semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun terkenal dengan isian kacang merah, sekarang ini anpan juga tersedia dalam isian lain seperti kacang hijau, wijen, atau bahkan kastanye. Menurut berbagai sumber, anpan pertama kali diciptakan pada tahun 1874 oleh Kimura Yasube’e, pemilik toko roti di Ginza.
  2. Selain anpan, cemilan manis lainnya yang diisi dengan anko adalah ohagi. Ohagi merupakan camilan manis berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan. Teksturnya sedikit kenyal, padat, dan pastinya mengenyangkan. Cara membuat ohagi juga agak mirip dengan mochi, yakni beras ketan harus direndam terlebih dahulu selama 6-12 jam sebelum diolah menjadi ohagi.
  3. Manju merupakan salah satu cemilan tradisional Jepang yang biasa disajikan sebagai teman minum teh. Manju memiliki adonan kulit tipis yang terbuat dari tepung, kemudian dicetak dan diisi dengan anko dalam jumlah banyak, lalu dipanggang sampai matang. Rasa kue ini manis, lembut, dan pastinya harum. Salah satu jenis manju yang terkenal adalah momiji manju dari Hiroshima, yang berbentuk seperti daun momiji.
  4. Nah, kalau camilan yang satu ini pastinya sudah kamu kenali, dong? Dorayaki merupakan camilan berbentuk bulat, yang terbuat dari dua adonan pancake yang ditumpuk menjadi satu. Bagian tengahnya biasa berisi pasta kacang merah sehingga menghasilkan rasa manis yang berpadu dengan lembutnya adonan roti. Dorayaki ini juga seringkali dijadikan sebagai menu sarapan karena sangat praktis dan bisa dibawa ke mana saja.

Wah, ternyata banyak juga ya cemilan tradisional Jepang yang memiliki isian anko! Banyak masyarakat Jepang yang mengatakan bahwa cemilan tradisional tak akan lengkap rasanya jika tidak menggunakan pasta kacang merah. Oleh sebab itu, meski sudah banyak variasi isian untuk camilan-camilan di atas, anko masih tetap diminati. Duh, jadi penasaran ingin coba!

Bagikan