simpan makanan di kulkas

Hayo, siapa yang suka menyimpan semua jenis makanan di dalam kulkas? Hmm, mungkin banyak dari kalian yang sering melakukannya.

Dari mulai makanan alami seperti sayuran, makanan kaleng, hingga bumbu masakan seperti fried rice seasoning with meat juga disimpan di kulkas. Alasannya makanan yang disimpan di kulkas lebih awet dibandingkan jika hanya disimpan di luar yang memiliki suhu ruang.

Namun, benarkah demikian? Apa memang semua jenis makanan perlu di simpan di kulkas supaya awet? Jika iya, berarti perlu kulkas berukuran besar dong supaya bisa menampung semua jenis makanan di rumah?

Sebenarnya salah satu tujuan menyimpan makann di kulkas agar lebih awet memang benar. Sebab, suhu dingin pada kulkas dapat memperlambat perkembangbiakkan bakteri yang menjadi penyebab makanan busuk atau rusak.

Apalagi saat ini banyak kulkas yang telah dilengkapi juga dengan teknologi khusus sehingga proses pencegahan bakteri tersebut dapat berlangsung lebih baik.

Namun, bukan berarti semua makanan jadi perlu atau wajib untuk disimpan di kulkas. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak perlu disimpan di kulkas, yaitu:

Makanan yang awet tanpa disimpan di kulkas

  • Bumbu instan

Bumbu instan berbentuk bubuk seperti bumbu nasi goreng ataupun bumbu instan masakan lainnya dapat disimpan di suhu ruang.

Biasanya dalam kemasan juga ada informasi mengenai aturan penyimpanannya, seperti suhu yang disarankan, ataupun yang dilarang. Selama Anda mengikutinya, maka bumbu ini akan terjaga kualitasnya meskipun tidak disimpan di kulkas.

  • Beberapa jenis bumbu

Ada beberapa jenis bumbu yang justru sebaiknya tidak disimpan di kulkas, contohnya adalah bawang. Sebab, penyimpanan di kulkas akan membuatnya basah sehingga menjadi mudah busuk.

Anda bisa menyimpannya di suhu ruang dalam wadah tertutup yang rapat. Namun, pastikan bawang yang disimpan sudah dalam kondisi bersih begitu pula dengan tempat yang digunakan untuk menyimpan.

  • Makanan kaleng

Makanan kaleng bisa Anda simpan begitu saja di suhu ruang tanpa masuk ke dalam kulkas. Sebab makanan tersebut sudah melalui proses sterilisasi dari kuman atau pun bakteri sehingga aman. Namun, jika makanan kaleng sudah dibuka, maka penyimpanannya harus lebih diperhatikan lagi.

Ternyata tidak semua makanan perlu masuk kulkas, kan? Jadi, coba cek kembali kulkas rumah Anda dan keluarkan beberapa jenis makanan yang tidak perlu disimpan di dalamnya. Dengan begitu isi kulkas menjadi lebih rapi. (Vita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here