fbpx
Bagikan

Salah satu poin krusial yang memengaruhi total pembelian kendaraan dengan skema kredit adalah nominal uang muka (down payment). Semakin besar uang muka yang Anda berikan pada perusahaan pembiayaan di Indonesia saat akan mengajukan kredit, maka semakin kecil pula sisa pokok pinjaman beserta nilai bunga, biaya administrasi, dan lain sebagainya yang perlu Anda lunasi hingga akhir jangka waktu peminjaman.

Sederhananya, itulah keuntungan utama memperhitungkan besaran nominal uang muka saat melakukan kredit mobil. Sedangkan untuk alasan yang lebih mendetail akan diulas dalam poin-poin berikut:

Keuntungan utama memperhitungkan besaran nominal uang (down payment) muka

  • Memperkecil angka depresiasi kendaraan. Depresiasi merupakan penyusutan nilai aset. Umumnya, mobil baru memiliki angka depresiasi yang cukup tinggi setelah tahun pertama pembelian. Hal ini berarti nilai (value) mobil Anda akan turun sekian persen setelah satu tahun pembelian. Seperti yang sudah disinggung di atas, menaruh uang muka yang cukup besar berarti memangkas sisa utang Anda pada lembaga keuangan. Maka dengan membayar nominal DP yang tepat Anda berarti sudah memperkecil angka depresiasi mobil baru Anda.
  • Memungkinkan Anda mendapat suku bunga rendah. Menurut situs Autolist, memberikan DP yang cukup besar ketika membeli mobil dengan cara kredit bisa membuat Anda mendapatkan perhitungan nilai suku bunga yang lebih rendah. Bahkan jika Anda mengajukan kredit dari perusahaan pembiayaan seperti Dipo Star Finance, Anda bisa mendapat penawaran khusus seperti diskon atau potongan harga dari lembaga tersebut.
  • Meningkatkan nilai diri Anda di mata lembaga keuangan. Saat Anda mampu memberikan besaran DP yang tepat, penilaian perusahaan pembiayaan atas Anda pasti akan positif. Sebab, perusahaan akan merasa bahwa Anda tidak memiliki risiko secara finansial dan mereka sudah memberikan pinjaman dana ke pihak yang tepat. Di masa yang akan datang, faktor ini akan berguna ketika Anda hendak mengajukan pinjaman dana kembali pada perusahaan tersebut.

Besaran uang muka (down payment)

Setelah mengetahui fakta dan ulasan manfaat di atas, mungkin Anda jadi bertanya-tanya berapakah besaran uang muka yang ideal untuk kredit mobil. Dilansir dari situs Autotrader, perhitungan praktis soal besaran DP yang paling baik adalah 20 persen atau lebih. Dengan dana sebesar ini, Anda sudah bisa menghindarkan kendaraan Anda menjadi aset dengan ekuitas negatif—keadaan di mana nilai (value) mobil lebih kecil dibandingkan dengan biaya (cost) untuk memilikinya.

Demikianlah ulasan tentang pentingnya nominal DP saat melakukan kredit mobil. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya.

Bagikan