tips kredit mobil

Sebelum mengajukan kredit apapun, ada banyak yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Sebab, setelah pengajuan kredit diterima kamu akan memiliki penambahan beban pengeluaran rutin untuk membayar cicilan kredit tersebut.

Termasuk juga jika kamu berencana untuk membeli mobil Mitsubishi impianmu dengan memanfaatkan promo mobil Mitsubishi dari Dipo Star. Promo yang ditawarkan memang akan memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan untukmu dalam mengajukan kredit, tetapi tetap saja hal ini akan memengaruhi kondisi keuanganmu nanti.

Untuk itulah, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pahami dan perhatikan terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit kepemilikan mobil, yaitu:

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil

  • Perbandingan penghasilan dan pengeluaran

Setiap orang pasti memiliki pengeluaran rutin yang tidak bisa dihapuskan setiap bulannya. Misalnya untuk uang makan, uang transportasi ke kantor, kebutuhan bulanan, bayar listrik, dan sebagainya.

Coba lakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai perbandingan keduanya. Berapa persen perkiraan pengeluaran rutin yang kamu bayarkan tersebut dari keseluruhan penghasilan tetapmu.

Jika jumlahnya sudah mencapai 50% atau bahkan lebih, maka ada baiknya kamu berpikir ulang untuk mengajukan kredit mobil. Apalagi jika total nominal cicilan ini bisa mengambil sampai 25% sisa gajimu. Jangan lupa, di luar pengeluaran rutin kamu tetap harus memiliki uang cadangan darurat dan juga uang yang bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang.

  • Tingkat kebutuhan mobil

Apa tujuan utamamu membeli mobil saat ini? Apakah memang sudah benar-benar dibutuhkan atau tidak? Sebab, banyak orang yang saat ini hanya membeli mobil untuk gengsi saja bukan karena memang dibutuhkan. Akibatnya mereka bingung sendiri ketika harus membayar cicilan kredit mobilnya.

Memastikan kebutuhan mobil juga akan membuatmu terhindar dari kemungkinan memiliki barang yang nganggur. Sebab kenyataannya, banyak juga orang yang sudah memiliki mobil tetapi tetap memilih pergi ke kantor menggunakan transportasi umum karena merasa lebih praktis.

Padahal hal ini akan menyebabkan adanya double cost untukmu, yaitu untuk biaya transportasi kendaraan umum dan biaya cicilan kredit bulanan.

  • Pengeluaran setelah memiliki mobil

Setelah memiliki mobil, jangan pernah berpikir bahwa biaya yang diperlukan hanya untuk membayar cicilan saja, karena masih banyak biaya yang harus kamu persiapkan. Seperti biaya bahan bakar dan perawatan mobil.

Belum lagi jika terjadi masalah pada komponen mobil sehingga dilakukan perbaikan, maka kamu juga harus menyiapkan biayanya.

Memerhatikan berbagai hal di atas sebelum mengajukan kredit kepemilikan mobil sangatlah penting agar kamu tidak mengalami masalah keuangan setelah pengajuanmu diterima.

Pastinya kamu tidak mau kan setiap bulannya pusing memikirkan keuangan yang berantakan karena terlalu banyak pengeluaran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here