polis asuransi

Sebelum membeli dengan asuransi kesehatan individu atau asuransi lainnya, pasti ada satu hal yang selalu diwanti-wanti: baca dan pahami polisnya. Ya, polis adalah jantung dari segala asuransi dan juga berkekuatan hukum, sehingga ketika terjadi masalah antara nasabah dan perusahaan asuransi, polislah yang akan dijadikan dasar utamanya.

Misalnya ketika ada hal penting yang seharusnya ada dalam perlindungan asuransi kesehatan dan Anda sudah sangat berharap pada manfaat tersebut. Namun ternyata tidak termasuk di dalam polis, maka Anda tidak akan pernah mendapatkan manfaat tersebut dan tidak bisa menuntuk perusahaan asuransi untuk memberikan manfaat tersebut.

Sayangnya, tak semua orang bisa dengan mudah memahami polis asuransi. Apalagi, mereka yang baru pertama kali membeli asuransi. Sangat mungkin untuk terjadi miss dalam membaca dan memahami polis. Untuk itu, kali ini kita akan membahas langkah mudah membaca polis asuransi agar mudah dimengerti dengan jelas.

Pahami istilah asuransi

Saat membaca polis asuransi, mungkin ada istilah yang tidak Anda ketahui atau masih sulit dipahami. Bahkan meski sudah disediakan glosari istilah-istilah asuransi pada polis. Jangan sepelekan hal ini. Anda perlu memahami istilah-istilah asuransi dengan jelas terlebih dahulu agar dapat mengerti isi polis. Jangan ragu untuk mencari definisinya di internet dan bertanya pada perusahaan penyedia asuransi atau agen asuransi saat menemukan istilah-istilah yang tidak Anda mengerti.

Periksa data Pemegang dan Tertanggung

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa data Pemegang dan Tertanggung. Mengingat polis asuransi merupakan dokumen legal, maka Anda harus memastikan penulisan data-data tertanggung akurat dan benar. Jika ada sedikit data yang salah atau bahkan hanya salah dalam penulisan, maka proses pembayaran klaim akan sulit nantinya.

Manfaat asuransi

Pastikan manfaat asuransi yang tertera di polis sesuai dengan manfaat yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi atau agen asuransi secara lisan. Cermati juga berapa besarnya uang pertanggungan yang akan Anda terima apa pun jenis asuransinya.

Pengecualian klaim

Kemudian, jangan lupa juga untuk memeriksa daftar pengecualian klaim atau hal-hal yang tidak dijamin oleh asuransi. Misalnya untuk asuransi kesehatan dasar biasanya tidak menanggung hal-hal seperti perawatan kosmetik/estetika, imunisasi, pengobatan alternatif, dan lain-lain.

Pembayaran premi

Perhatikan juga jumlah premi yang harus dibayar. Termasuk dengan periode pembayaran, cara pembayaran dan mata uang pembayaran. Kemudian cari tahu apa konsekuensi jika terlambat membayar premi dan bagaimana cara menghidupkan polis yang sudah lapse untuk berjaga-jaga.

Ketahui hak mempelajari polis

Tips terakhir, Anda tak perlu terburu-buru utuk mempelajari polis. Sebab, setiap nasabah berhak mempelajari polis dalam 14 hari sejak tanggal berlakunya polis. Dalam masa ini, nasabah berhak membatalkan polis dengan alasan apa pun. Namun jika Pemegang Polis tidak melakukan pembatalan, maka ia dianggap telah membaca dan menyetujui polis.

Semoga membantu!

Share this to your friends