fbpx
Bagikan

Program asuransi kini sudah tidak terdengar asing sebagaimana layaknya beberapa tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan beberapa paket yang ditawarkan sudah lebih beragam, salah satunya adalah program yang dinamakan asuransi pinjaman. Sudahkah Anda akrab dengan jenis asuransi ini? Jika belum, yuk simak ulasan seputar jenis-jenis serta manfaatnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Asuransi Pinjaman

Secara singkat, pertanggungan pinjaman adalah program finansial yang akan menanggung utang pinjaman kredit yang Anda miliki ketika Anda mengalami insiden yang tidak terduga. Kondisi yang dimaksud misalnya adalah kecelakaan atau sakit yang mungkin saja menyebabkan cedera atau cacat permanen pada tubuh atau bahkan menghilangkan nyawa.

Setiap perusahaan asuransi memiliki spesifikasi penggolongan produk pertanggungan pinjaman yang berbeda-beda. Apabila Anda tertarik dengan program-program dari FWD, berikut adalah beberapa opsinya:

  • Credit Life BFI Motorcycle

Melalui produk ini, Anda akan mendapatkan uang pertanggungan senilai maksimal 300 juta rupiah per orang. Dana ini dapat digunakan untuk melunasi kredit kendaraan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Klaim dana pertanggungan bisa dilakukan ketika Anda telah dinyatakan meninggal ataupun telah dinyatakan tidak mampu dengan skala luar biasa.

  • Asuransi Jiwa Kredit Pegawai BTPN

Melalui jenis asuransi ini, kredit yang tersisa ketika Anda meninggal akan menjadi tanggungan penyedia layanan. Adapun usia tanggungan yang bisa masuk adalah 25 hingga 69 tahun. Sementara itu, sebab kematian yang diperbolehkan dalam asuransi ini adalah  penyakit dan insiden tak terduga seperti kecelakaan.

  • Asuransi Jiwa Kredit Rumah

Selain kendaraan, aset kredit lain yang bisa di-cover oleh produk ini adalah kredit rumah. Bekerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia (biasa disebut Bank Hana saja), jenis asuransi ini akan memberikan pembiayaan dengan jenis asuransi berjangka. Adapun masa asuransi yang berlaku adalah 1 hingga 20 tahun, dengan minimal pertanggungan 100 juta, dan tersedia hanya dalam mata uang rupiah.

Manfaat Asuransi Pinjaman

Berdasarkan uraian di atas, jelas saja produk pertanggungan satu ini akan membantu Anda juga anggota keluarga atau ahli waris Anda apabila risiko tak terduga seperti kecelakaan parah atau meninggal dunia terjadi pada Anda.

Sebab, sisa tanggungan kredit—entah untuk membeli kendaraan, asuransi jiwa, maupun tempat tinggal—yang ditinggalkan oleh Anda dapat menambah beban keluarga; terutama jika Anda-lah tulang punggung keluarga. Oleh karena itu, program pertanggungan ini akan sangat bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis serta manfaat dari pertanggungan pinjaman. Bagaimana? Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda?

Bagikan