asesmen ONLINE

Kemajuan teknologi semakin mempermudah manusia dalam segala aspek. Tidak melulu berkisar pada aktivitas sehari-hari, teknologi juga membuat pekerjaan manusia semakin sederhana pada industri human resource development atau HRD di perusahaan.

Ya, jika dahulu tes dan talent mapping dilakukan secara konvensional, kini dengan bantuan teknologi maka asesmen online pun bisa dilakukan seperti di https://www.smartplatform.asia/id, misalnya.

Keuntungan Menggunakan Smart Platform

Memilih platform asesmen terbaik memang didasari pada kebutuhan masing-masing perusahaan. Namun secara umum, keuntungan-keuntungan berikut bisa didapat dari platform tersebut:

  1. Kemudahan dalam proses rekrutmen. Bagi perusahaan multinasional yang diminati oleh fresh graduate, sesi rekrutmen tentunya akan sangat memakan waktu dan tenaga. Pasalnya, kandidat yang melamar tak hanya dalam hitungan puluhan atau ratusan, namun bisa mencapai ribuan atau belasan ribu. Jika proses rekrutmen dilakukan secara konvensional, hal ini tentunya akan sangat memakan waktu. Lain halnya jika Anda menggunakan platform asesmen online: Anda tinggal menyaring semua data yang masuk dan menyeleksi kandidat yang memenuhi syarat saja. Lebih efisien dan juga hemat waktu, bukan?
  2. Employee development. Banyak yang berpikir bahwa platform asesmen online hanya bisa digunakan untuk proses rekrutmen saja. Padahal tidak demikian, lho. Asesmen online ini juga bisa digunakan untuk perkembangan karyawan atau employee development. Hasil tesnya bisa Anda gunakan untuk talent mapping dan menggali potensi para karyawan dengan mengidentifikasi area yang perlu mereka kembangkan. Dengan demikian, Anda tak hanya berinvestasi pada company saja tetapi juga people behind it.
  3. Penentuan jenjang karier. Ada banyak hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memberikan promosi jabatan kepada karyawan. Hal tersebut bisa dilihat dari prestasi, kontribusi, dan juga performa selama bekerja. Tak hanya itu, untuk menentukan jenjang karier karyawan, Anda juga bisa menggunakan asesmen online ini untuk mengidentifikasi potensinya. Hasil data yang didapatkan objektif dan tentunya bisa digunakan sebagai penilaian yang akurat.
  4. Analisis data akurat. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, alasan mengapa platform asesmen online bisa dijadikan pertimbangan untuk mempermudah sistem HR di perusahaan Anda adalah karena objektivitasnya. Platform ini menggunakan sistem artificial intelligence untuk memverifikasi keahlian pegawai dan semua analisis yang dihasilkan berdasar pada data tanpa ada subjektivitas di dalamnya.

Itulah keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan smart platform online. Bagaimana menurut Anda? Sudah siap untuk menggunakan teknologi yang membuat sistem HR Anda menjadi lebih sederhana?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here