kegiatan pertambangan

Kata ‘flow meter’ mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun demikian, bagi Anda yang berkecimpung di dunia pertambangan, flow meter ini bukanlah sesuatu yang asing. Seperti mengetahuii jenis tangki berdasarkan letaknya, pasti Anda yang bekerja di bidang pertambangan pasti sudah mengenal jenis flow meter dan fungsinya. Flow meter atau pengukur aliran adalah alat yang digunakan untuk mengetahui aliran material (bisa berupa likuid, gas, atau powder) dalam jalur aliran. Meski asing, sebetulnya tak sulit juga mencari distributor flow meter Indonesia sekarang ini. Jadi, bagi Anda yang membutuhkannya pun bisa dengan mudah mencarinya tanpa harus membeli di luar negeri.

Namun demikian, untuk memastikan bahwa flow meter yang Anda beli benar-benar asli dan bukan barang rekondisi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Distributor resmi. Lakukan transaksi pembelian hanya di distributor resmi yang menjual flow meter ini. Jika Anda melakukan pembelian di distributor resmi, barang yang dibeli sudah pasti asli dan juga berkualitas. Silakan cek secara online untuk menemukan disributor resmi terdekat dari tempat tinggal Anda.
  2. Cek nomor serinya. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda bisa mencatat nomor seri dari flow meter tersebut. Kemudian, cek pada authorized dealer resmi dari flow meter yang hendak dibeli. Anda bisa mengirimkan data tipe dan juga nomor seri barang yang ditawarkan. Jika tidak sesuai, maka bisa dipastikan pengukur aliran tersebut merupakan barang palsu dan rekondisi.
  3. Kelengkapan dokumen. Jika Anda belum yakin dengan keaslian flow meter yang dibeli, Anda bisa meminta penjual untuk menunjukkan beberapa dokumen penting. Di antaranya, certiticate of manufacture, factory rest report, akreditasi, dan lain sebagainya. Dokumen ini merupakan alat verifikasi untuk mengetahui keaslian flow meter yang hendak dibeli.
  4. Hal lain yang harus diperhatikan ketika membeli flow meter adalah garansinya. Flow meter yang asli dari distributor resmi pasti dilengkapi dengan surat garansi dalam jangka waktu satu tahun. Jika flow meter yang Anda beli ternyata hanya memiliki garansi tiga bulan atau parahnya tidak ada garansi sama sekali, maka patut dicurigai.

Oleh sebab itu, agar lebih terjamin keasliannya, Anda disarankan memilih flow meter dari distributor yang sudah terpercaya. Salah satunya adalah Fluidcon—bagian dari PT Epiroc Southern Asia—yang merupakan distributor resmi dari peralatan pertambangan. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di industri pertambangan, infrastruktur, dan sumber daya alam, Fluidcon menyediakan berbagai alat penunjang pertambangan yang berkualitas.

Untuk flow meter sendiri, di Fluidcon Anda bisa menemukan flow meter Macnaught. Yang menarik, pengukur aliran Macnaught ini sudah memiliki akreditasi penuh ISO 9001 dan 14001, serta dilengkapi dengan masa garansi selama satu tahun plus laporan uji untuk menunjukkan keakuratannya. Alasan lain mengapa Anda harus memilih flow meter Macnaught adalah karena pengukur aliran ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dan tidak terpengaruh viskositas dengan kehilangan tekanan yang rendah.

Semoga membantu!