apa itu bitcoin

Pernahkah Anda mendengar tentang Bitcoin? Apa itu Bitcoin? Bitcoin adalah suatu aset digital yang saat ini memiliki banyak diminati oleh pebisnis untuk berinvestasi.

Bitcoin dalam perkembangannya menggunakan teknologi blockchain. Blockchain ini pada awalnya dicetuskan pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto (nama samaran) saat Beliau membuat inovasi cryptocurrency yang pertama di dunia, dengan nama Bitcoin.

Sejak itu, teknologi Blockchain mampu membantu kinerja dari Bitcoin hingga saat ini. Adanya teknologi Blockchain menjadikan bitcoin lebih aman dalam setiap proses transaksinya.

apa itu bitcoin

Bitcoin sendiri dikembangkan satu tahun setelah teknologi blockchain muncul yaitu pada tahun  2009 oleh orang yang sama yaitu Satoshi Nakamoto.

Apa itu Bitcoin dan fitur-fiturnya

Aset digital yang dimaksud tidak hanya berupa uang ini namun juga terdapat emas yang hanya tersedia di dunia digital.

Bitcoin memiliki berbagai fitur pendukung dalam proses transaksinya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Transfer instant secara peer – to – peer

Fitur pendukung ini, sebagaimana dengan namanya peer – to – peer yang berarti Bitcoin dapat berjalan tanpa adanya server pusat.

Server penyimpanan yang terdapat dalam Bitcoin bersifat desentralisasi dan terdistribusi ke dalam berbagai server yang dimiliki oleh setiap pengguna yang sudah terhubung ke dalam  jaringan.

  1. Semua transaksi bersifat irreversible

Sifat irreversible ini berarti setiap kali pengguna melakukan transfer, aset yang sudah ditransfer tidak bisa dibatalkan. Alternatif lain, adalah pihak penerima harus mentransfer kembali aset yang sudah dikirim.

  1. Transaksi bersifat pseudonymous

Pseudonymous disini memiliki arti bahwa semua transaksi yang pernah dilakukan oleh pengguna sekaligus saldo Bitcoin dapat dilihat oleh publik. Namun, publik tidak akan tahu identitas dari pemilik akun bitcoin tersebut.

  1. Bitcoin tidak dikontrol oleh pihak ketiga

Dalam proses transaksi Bitcoin pengguna dapat melakukan transaksi secara langsung melalui jaringan yang telah disediakan dari database Blockchain.

Hal ini memungkinkan semua transaksi bersifat trasparan, dan tidak adanya pihak ketiga yang memungkinkan melakukan kecurangan.

Hanya ada 21 Juta Bitcoin di Dunia

Bitcoin merupakan aset yang hanya terdapat 21 juta di seluruh dunia, hal ini dikarenakan sistem penciptaan yang terus berkurang setiap empat tahun sekali.

Sehingga, harga bitcoin cenderung untuk naik karena supply yang terbatas. Hal ini juga yang melatarbelakangi permintaan terhadap Bitcoin sangat tinggi, selain karena harga yang cenderung menaik dengan berinvestasi dengan Bitcoin maka pengguna akan lepas dari pihak ketiga yang terkadang korup dan curang.

mining bitcoin

Proses penciptaan Bitcoin disebut dengan “mining”, dengan penciptanya yang disebut dengan miner. Dalam proses pembuatannya para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan berbagai matematika kompleks untuk menemukan block baru untuk Bitcoin.

Tentunya ha ini tidaklah mudah, dan para miner mendapatkan imbalan sejumlah bitcoin jika berhasil menemukan block baru untuk bitcoin.

Dalam satu block biasanya terdapat 50 BTC ( Bitcoin ), namun sekarang hanya terdapat 25 BTC/block dan akan terus berkurang diiringi dengan bertambahnya sirkulasi Bitcoin.

Hal ini dikarenakan bahwa bitcoin yang beredar di dunia maksimal adalah 21 Juta BTC untuk menghindari inflasi.

Bitcoin dapat dibilang sebagai teknologi baru yang akan berjaya di masa mendatang, karena memiliki berbagai kelebihan baik untuk bisnis maupun perorangan.

Kelebihan Bitcoin

Berikut adalah berbagai kelebihan yang dapat Anda nikmati dari penggunaan transaksi di zaman digital ini:

  1. Biaya termurah

Biaya pengiriman dalam bertransaksi adalah gratis dengan bantuan aplikasi google autentifikasi kode bar dari smarthphone Anda.

Namun untuk mempercepat proses transaksi Bitcoin biasanya akan memotong biaya sekitar 500 hingga 3.000 rupiah dalam sekali proses transaksi.

Hal ini karena Bitcoin menggunakan kemanan kriptografi yang memungkinkan prses transaksi yang efisien dan murah.

  1. Perlindungan terhadap penipuan

Pembayaran melalui Bitcoin tidak bisa dibatalkan. Sehingga memungkinkan tidak akan terjadi penipuan yang dapat merugikan pihak penerima.

  1. Proses pembayaran internasional yang cepat

Bitcoin memiliki keunggulan dalam proses transaksi. Selain tanpa melalui perantara, Bitcoin juga dapat melakukan transfer ke luar negeri dalam waktu hanya 10 menit.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan transfer melalui bank yang membutuhkan waktu berhari – hari.

  1. Tidak perlu penyesuaian PCI

Dalam bitcoin, pengguna tidak akan dibebani oleh biaya dan tanggungjawab karena fitur pemeriksaan keamanan yang ketat untuk memenuhi standar PCI.

  1. Tanda tangan berganda

Bitcoin menyediakan fitur untuk meningkatkan keamanan, yang mana proses transaksi akan disetujui jika telah disetujui oleh pihak lain.

Dalam bitcoin juga terdapat fitur untuk melacak siapa saja anggota yang mengizinkan setiap transaksi pembayaran.

  1. Adanya transparansi akuntansi

Dengan menggunakan bitcoin setiap pihak akan mengetahui setiap transaksi pengguna, tanpa perlu tahu identitas asli dari pengguna.

Dalam dunia bisnis, hal ini tentunya sangat mendukung, yang mana perusahaan dapat membuat neraca keuangan dengan para anggota yang dapat langsung memverivikasi neraca keuangan dan transaksi yang dilakukan.

  1. Transfer tanpa batas kapanpun dan dimanapun

Sebagaimana fungsinya sebagai aset digital, Bitcoin merupakan aset yang dapat dikenai transaksi kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan Anda.

Proses transaksi hanya perlu menggunakan koneksi internet dan smartphone Anda.

  1. Melindungi identitas Anda

Dengan bertransaksi melalui Bitcoin Anda tidak perlu khawatir akan kebcoran dan penyalahgunaan identitas.

Hal ini dikarenakan Bitcoin memungkinkan melakuka transaksi pembayaran tanpa harus menggunakan identitas asli layaknya uang tunai.

Setelah mengetahui tentang apa itu Bitcoin dan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Bitcoin, apakah Anda tertarik untuk membuat aset digital ini?

Untuk Anda yang ingin membeli Bitcoin, Anda dapat langsung Anda dapat membeli bitcoin dengan mining.

Exchanger Bitcoin

indodax

Untuk membeli bitcoin dapat Anda lakukan dari exchanger – exchanger dalam beberapa situs berikut ini:

  • Indodax
  • Binance
  • Bittrex
  • Dan lain – lain

Sebelum Anda mencoba untuk menggunakan Bitcoin, alangkah baiknya Anda memahami hal – hal berikut :

  1. Mengamankan dompet Anda

Meskipun Bitcoin menggunakan tingkat pengamanan yang tinggi, namun Anda juga harus melakukan langkah – langkah untuk pengamanan yang lebih baik demi melindungi uang Anda.

  1. Harga Bitcoin mudah berubah atau bersifat fluktuatif

Harga Bitcoin sangat fluktuatif dalam periode waktu yang singkat. Hal ini dikarenakan bitcoin merupakan aset digital yang masih muda, baru, dan juga terkadang pasar tidak cair.

Oleh karena itu,  Anda direkomendasikan untuk tidak menabung dalam bitcoin. Karena apa? Bitcoin merupakan aset yang berisiko tinggi yang memungkinkan Anda kehilangan banyak uang jika Anda menabung didalamnya.

  1. Pembayaran Bitcoin tidak dapat dibatalkan

Meskipun hal ini dapat menjadi kelebihan untuk pihak penerima karena dapt mencegah penipuan. Hal ini ternyata juga dapat menjdi kekurangan yang memungkinkan Anda sebagai pihak pengirim harus benar –  benar berhati – hati dalam bertransaksi.

Untuk mencegah kesalahan pengiriman, dari Bitcoin sudah memiliki fitur pendeteksi kesalahan ketik untuk menghindari kesalahan Anda mengirim uang ke alamat yang salah.

  1. Bitcoin tidak sepenuhnya anonim

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bahwa Anda dapat menggunakan identitas samaran dalam Bitcoin. Hal ini untuk menjaga proses transaksi Anda yang memungkinkan terekspos ke publik.

Meskipun demikian, dalam kenyataannya pihak yang terlibat transaksi dengan Anda akan diberitahu tentang identitas Anda saat melakukan pembelian atau transaksi lainnya.

Hal ini juga harusnya dijadikan pertimbangan untuk menggunakan alamat Bitcoin agar hanya sekali saja.

  1. Transaksi instan kurang aman

Transaksi Bitcoin biasanya dilaksanakan secara instan dalam beberapa detik, yang kemudian akan mulai dikonfirmasi 10 menit berikutnya.

Selama waktu transaksi tersebut, suatu transaksi dianggap otentik dan dapat dibatalkan. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan keamanan dengan meminta biaya transaksi yang lebih kecil atau Anda juga direkomendasikan untuk menggunakan sistem pendeteksi transaksi tidak aman.

  1. Bitcoin masih bersifat uji coba

Bitcoin sendiri merupakan mata uang baru dan masih dalam taraf pengembangan yang aktif serta masih dalam taraf uji coba. Untuk perkembangan di masa selanjutnya, kita lihat saja perkembangannya.

  1. Pajak pemerintah dan peraturan – peraturan

Dalam penggunaan Bitcoin, merupakan tanggung jawab bagi Anda untuk selalu memastikan bahwa Anda mematuhi pajak dan peraturan hukum serta berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Anda terkait dengan Bitcoin.

Berikut di atas merupakan penjelasan tentang Bitcoin. Jika Anda tertarik dengan aset digital yang satu ini, alangkah baiknya selalu pertimbangkan antara kelebihan dan kemungkinan risiko yang akan terjadi di masa depan.

Namun, terlepas dari itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan teknologi baru ini untuk menikmati akses tanpa batas dan berbagai fitur pendukung untuk kemudahan transaksi dan juga teknologi kemanan yang tinggi.

Akhir kata semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa share artikel ini, karena siapa tahu kerabat Anda membutuhkan informasi ini.

Salam Teknologi!

Share this to your friends