ponsel hilang

Saat ini banyak orang yang merasa bahwa ponsel hilang akan lebih menakutkan dibandingkan dengan dompet yang hilang. Alasannya karena hampir semua hal bisa dilakukan melalui ponsel.

Apalagi dengan banyaknya aplikasi pembayaran cashless atau mobile banking yang bisa dengan mudah dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang mengambil ponselmu. Belum lagi beragam data kontak dan chatting application yang bisa digunakan untuk menipu kerabatmu demi mendapat keuntungan.

Namun, bagaimana jika suatu saat kamu benar-benar mengalaminya? Perlukah untuk melaporkan kejadian ini ke polisi?

Jawabannya adalah iya, kamu memang harus melapor pada kepolisian. Hal ini ditujukan untuk mengamankan dirimu dari risiko terjebak dalam tindak kriminalitas yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Mengapa Perlu?

Setiap ponsel pasti dilengkapi dengan IMEI. Pada saat proses pembelian ponsel, IMEI ponsel tersebut akan terhubung dengan identitasmu, karena data inilah yang akan digunakan sebagai dasar untuk garansi online yang mulai banyak diberlakukan oleh brand ponsel saat ini.

Ketika ponselmu yang hilang tersebut digunakan untuk melakukan tindak kejahatan apapun, namamu yang akan terdaftar dalam data pemilik ponsel.

Namun, jika kamu sudah membuat surat laporan kehilangan maka apapun yang terjadi pada ponsel tersebut sudah berada di luar tanggung jawabmu.

Surat keterangan kepolisian tersebut memang hanya berlaku selama 14 hari, tetapi ada baiknya jika kamu terus menyimpannya untuk berjaga-jaga. Karena kamu tidak akan tahu kapan surat tersebut dibutuhkan.

Selanjutnya, dengan menggunakan surat tersebut kamu bisa membuat laporan kehilangan ke brand ponselmu tersebut.

Caranya sederhana, kamu bisa mengirimkan pesan melalui email pada customer service brand ponselmu untuk menjelaskan permasalahannya.

Selanjutnya pihak customer service tersebut akan memberikan informasi tentang prosedur atau data yang diperlukan untuk melanjutkan laporan. Biasanya adalah data diri, foto KTP, scan surat kehilangan dari kepolisian, dan kronologis kehilangan.

Apa fungsi melaporkan hal ini pada brand yang bersangkutan?

Sederhana saja, agar ponselmu tercatat sebagai ponsel hilang di semuaa service center dari brand tersebut.

Nantinya ketika ada orang yang membawa ponselmu (mungkin pencurinya atau orang yang membeli dari pencurinya) untuk diperbaiki ke service center, mereka bisa menghubungimu. Memang kemungkinan ponselmu kembali sangatlah kecil, tetapi tidak ada salahnya dicoba kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here