fbpx
Bagikan

Tinggal di kawasan yang sering terkena pemadaman listrik memang terasa merugikan. Bayangkan berapa banyak pekerjaan yang terganggu hanya karena listrik sering mati. Bukan hanya pekerjaan kantor saat WFH saja, pekerjaan rumah lainnya seperti menyetrika, mencuci baju, dan lainnya juga ikut terganggu. Memang, hal ini bisa diatasi dengan memiliki genset di rumah. Terlebih harga genset kecil kini sungguh ramah di kantong, dengan demikian penggunaannya di rumah pribadi pun bukan sesuatu yang asing lagi.

Hanya saja, selain memasang genset, tidak ada salahnya mengetahui beberapa penyebab padamnya listrik. Sebab mati listrik seringkali disebabkan oleh hal lain di luar pemadaman bergilir. Simak, yuk!

Penyebab Listrik Padam

  1. Cuaca ekstrem. Penyebab pertama dari padamnya listrik secara tiba-tiba adalah cuaca yang ekstrem, seperti hujan, petir, atau bahkan angin kencang. Faktor cuaca ini sangat memengaruhi padamnya listrik, terlebih ketika angin kencang menyebabkan pohon tumbang atau bahkan petir yang tanpa sengaja menyambar kabel jaringan listrik. Alhasil, jaringan listrik pun terganggu dan bahkan menyebabkan pemadaman di beberapa titik.
  2. Gangguan hewan. Di beberapa kawasan yang masih berdekatan dengan hutan, keberadaan hewan yang tanpa sengaja memanjat kabel listrik pun bisa menyebabkan pemadaman. Salah satunya adalah tikus, tupai, burung, atau bahkan ular. Ketika transformator dan sekring tanpa sengaja tersentuh atau ada hewan yang tanpa sengaja menggigit kabel, maka bukan tidak mungkin listrik menjadi padam.
  3. Layang-layang. Tak sedikit kasus padamnya listrik yang disebabkan oleh layang-layang, terutama ketika permainan ini tengah musim. Pasalnya, layang-layang sering terbang terlalu tinggi karena terbawa angin, kemudian tersangkut di tiang listrik.
  4. Proyek galian. Proyek galian bawah tanah juga bisa tanpa sengaja menyebabkan pemadaman listrik. Ketika penggalian dilakukan terlalu dalam atau menyentuh jaringan kabel bawah tanah, listrik pun bisa padam secara tiba-tiba.
  5. Kelebihan beban. Terakhir adalah kelebihan beban. Ketika penggunaan listrik melebihi kapasitas bebannya, maka hal tersebut bisa menyebabkan tower listrik bekerja lebih keras dan akhirnya mengalami pemadaman.

Itu dia beberapa penyebab dari padamnya listrik. Nah, setelah mengetahui penyebab-penyebab yang mengakibatkan listrik padam, selain pemadaman bergilir. Tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk mengetahui tips memilih genset untuk kebutuhan server. Mana tau, ada saudara, teman, atau bahkan keluarga Anda yang sedang membutuhkanya dan Anda bisa langsung memberitahunya.

Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan