Saat ini, pemasangan televisi di rumah banyak yang menggunakan meja, tujuannya adalah untuk menghindari supaya televisi tidak cepat rusak. Biasanya, meja televisi ini dibuat dari beberapa material, salah satunya kayu. Banyak penjual furnitur yang juga menjual rak TV minimalis memilih kayu kayu solid atau partikel sebagai bahan utama untuk furnitur karena dianggap memberikan kehangatan dan bisa menambah estetika pada interior rumah.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan material kayu untuk membuat furnitur, kenali dulu beberapa jenisnya, yuk. Di antaranya adalah sebagai berikut: (source: dekoruma)

  1. Beech. Salah satu jenis kayu yang kerap digunakan adalah beech. Pernahkah Anda mendengar jenis kayu satu ini? Mungkin jarang, bukan? Melansir dari dekoruma, beech sendiri termasuk jenis kayu yang memiliki tekstur kuat, berat, dan keras. Jenis ini biasanya memiliki warna lebih terang dibanding kayu jenis lainnya seperti kuning muda, putih, dan lain-lain. Kayu jenis ini memiliki daya tahan shock resistance dan redam yang sangat tinggi sehingga tak heran dipilih sebagai bahan utama untuk membuat meja televisi.
  2. Maple. Jenis kayu satu ini memiliki beberapa karakteristik, yakni anti lembap, berat, dan keras. Warna dari kayu ini pun lumayan terang dan sangat mudah dicat dengan warna lainnya. Dan tidak kalah menarik, kayu jenis ini juga tahan lama bisa sampai bertahun-tahun, sekalipun ada kerusakan saat penggunaannya namun tidak terlalu jelas. Selain digunakan sebagai bahan utama untuk furnitur, kayu ini juga banyak digunakan untuk pembuatan gitar maupun drum.
  3. Pinus. Warnanya yang terang dan bisa ditimpa dengan warna lain membuat kayu pinus banyak dipilih sebagai bahan utama pembuatan meja televisi. Di samping itu, harganya yang sangat terjangkau membuat kayu ini menjadi primadona di kalangan pengrajin perabot. Namun demikian, sayangnya kayu pinus atau dikenal dengan kayu jati Belanda ini memiliki bobot lebih ringan dibanding kayu beech maupun maple sehingga otomatis tidak setahan dan sekuat kedua kayu tersebut.
  4. Jati. Meski harganya mahal, kayu jati memiliki kualitas yang sangat bagus dan tahan terhadap rayap, cuaca, jamur, hingga air. Kayu jati pun mengandung minyak yang sangat tinggi sehingga kekuatannya mendukung ketika dijadikan sebagai perabotan, seperti meja televisi, misalnya.

Selain beberapa jenis kayu yang sudah dituliskan di atas, masih ada jenis lainnya seperti merbau, mahoni, oak. Semoga bermanfaat! –SH–

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here