Bagikan

CSR atau corporate social responsibility adalah upaya timbal balik yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada lingkungan atau masyarakat sekitar. Mengutip laman The Giving Machine, tujuan utama program ini dibuat ialah untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan juga memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan.

Selain program CSR pendidikan, berikut adalah macam-macam kegiatan CSR yang lazim dilakukan oleh sejumlah perusahaan-perusahaan multinasional:

Macam-macam kegiatan CSR

  1. Lingkungan

    Masih menurut situs The Giving Machine, program CSR lingkungan adalah satu dari tiga bidang kegiatan CSR yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan. Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan CSR satu ini adalah pengurangan pada emisi dan limbah gas rumah kaca.
    Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu faktor penyumbang pemanasan global adalah produksi industri. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan skala besar memiliki program CSR lingkungan yang berkaitan dengan mewujudkan keinginan tersebut.
    Salah satu kegiatan nyatanya seperti memberikan pelatihan dan pendidikan lingkungan hidup atau mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan oleh setiap produk yang dihasilkan.

  2. Etika

    Kegiatan CSR satu ini bisa dibilang merupakan kerja sama menyeluruh dari perusahaan (termasuk seluruh orang di dalamnya, mulai dari pemangku jabatan hingga karyawan), produsen bahan baku, hingga pelanggan-pelanggannya.
    Pasalnya, konsep CSR satu ini merujuk pada keyakinan atau prinsip-prinsip moral yang dipegang oleh perusahaan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan kosmetik di Inggris memiliki kampanye ­anti-animal testing atau menolak percobaan produk-produknya pada hewan.
    Bukti nyatanya ialah perusahaan ini hanya akan menerima bahan baku dari produsen yang sama-sama mendukung kampanye tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung perusahaan terkait sudah memberikan edukasi tentang tidak adanya pengujian produk pada hewan kepada produsen-produsen bahan bakunya. Harapannya ialah pelaku bisnis tersebut bisa menerapkan prinsip yang sama dalam usaha mereka.

  3. Kedermawanan

    Dikenal juga dengan istilah CSR filantropi, kegiatan satu ini sering dikaitkan atau direalisasikan dengan memberikan sumbangan atau bantuan berupa uang kepada badan amal maupun masyarakat langsung, yang memiliki korelasi langsung dengan tipe bisnis perusahaan.
    Bentuk lain CSR satu ini juga bisa berupa berinvestasi pada komunitas-komunitas atau berpartisipasi dalam proyek lokal masyarakat. Selain mengharapkan citra baik perusahaan di mata masyarakat, CSR kedermawanan pun merupakan bakti perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan agar pembangunan berkelanjutan terus terlaksana.

Itulah dia 3 macam kegiatan CSR yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Bagikan