anak sulit bergaul

 

Melihat si kecil bermain dengan aktif pada saat mengunjungi wisata edukasi dan bermain anak memang akan menjadi suatu kebahagiaan bagi para orang tua. Bahkan saking aktifnya pergerakan si kecil, banyak orang tua yang membatasi kegiatannya karena khawatir akan membahayakan dirinya.

Padahal bergerak dengan aktif adalah suatu keharusan karena si kecil sedang dalam proses pertumbuhan. Selain fisik, mental si kecil juga harus diasah agar berani untuk bersosialisasi dan menghadapi orang-orang di sekitarnya maupun teman sebayanya.

Tidak jarang ada anak yang masih ragu dan malu untuk bersosialisasi bahkan dengan kawan seumurannya. Hal ini pastinya membuat orang tua khawatir karena jika dibiarkan anak akan tumbuh dengan kepribadian yang cenderung penyendiri.

Untuk mencegah hal itu terjadi, simak artikel ini untuk mengetahui kiat-kiat apa yang harus orang tua lakukan demi pribadi si kecil yang mudah bergaul. (source:kumparan)

Cara Anak Mudah Bergaul

  1. Bangkitkan rasa percaya diri anak

Sebelum menjerumuskannya langsung untuk bersosialisasi, berikanlah dorongan kepada anak untuk mau bergaul dengan teman sebayanya.

Namun cara yang digunakan untuk mendorong atau membangkitkan keinginannya juga menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan menenangkannya.

Contohnya dengan membacakan cerita yang bersangkut paut dengan persahabatan atau apapun itu yang dapat membuatnya ingin untuk berteman dan bermain dengan kawan sebayanya.

  1. Berikan contoh

Jika sangat sulit bagi anak untuk memulai pertemanan dengan yang lainnya, Anda bisa mendampingi untuk menghampiri teman-temannya dan mencontohkan hal yang baik seperti berkenalan, berbincang-bincang dan juga main.

Secara tidak langsung, anak akan terdorong untuk berbicara dan bermain dengan temannya seperti apa yang Anda lakukan. Hal ini dikarenakan orang tua adalah salah satu peran penting yang akan diikuti olehnya.

  1. Atur jadwal bermain

Hal yang satu ini juga dapat Anda lakukan agar anak menjadi mudah bergaul. Aturlah jadwal bermain anak untuk bertemu dengan teman-teman sebayanya.

Namun jangan paksakan anak untuk langsung bertemu dengan kelompok besar karena hal itu akan hanya membuat si kecil merasa terintimidasi.

Mulailah dengan kelompok kecil agar si anak belajar untuk membiasakan diri pada saat harus dihadapi dengan orang-orang. Mengajak teman atau sepupunya untuk menginap di rumah juga dapat menjadi solusinya.

  1. Ajarkan untuk berbagi

Jika si kecil masih suka mementingkan diri sendiri dan tidak ada kemauan untuk berbagi dengan sekitarnya, hal itu sangatlah normal.

Namun untuk para orang tua akan sangat disarankan untuk mengajarkannya toleransi untuk berbagi dengan orang sekitarnya. Jika si kecil memiliki sifat untuk mudah berbagi, si anak akan mulai terbiasa untuk bergaul dengan orang lain.

  1. Menyalurkan minat dan bakatnya

Setiap anak pasti memiliki kegemarannya masing-masing. Jika anak Anda gemar untuk melukis, berikanlah dirinya kesempatan untuk bergabung dengan kelompok melukis. Dengan begitu, si anak akan bertemu dengan teman-teman yang memiliki kegemaran yang sama.

Itu dia beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua agar si kecil tumbuh menjadi pribadi yang mudah bergaul. Semoga bermanfaat.

Share this to your friends