Apa itu SEO dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Apa itu SEO? Bagi pelaku bisnis dan usaha mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO.

Untuk Anda yang belum tahu, SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization merupakan serangkain proses yang dilakukan dengan sistematis guna meningkatkan trafik kunjungan pada web tertentu melalui pemanfaatan mekanisme kerja atau agoritma mesin pencarian yang digunakan.

SEO saat ini sering dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena mereka tahu pentingnya tampil di halaman pertama pencarian untuk meningkatkan pengunjung yang datang ke web mereka guna untuk memperluas pasar dan mendapatkan pelanggan baru.

Penggunaan SEO ini tentunya sangat menunjang akun bisnis maupun priadi untuk mendapatkan keuntungan dari banyaknya trafik pengunjung yang datang di web mereka.

Hal ini selaras dengan tujuan adanya SEO sendiri yaitu untuk menempatkan suatu situs web pada posisi teratas pencarian mesin pencari, atau setidaknya web yang dikenai SEO akan masuk ke dalam halaman pertama pencarian dengan kata kunci tertentu yang telah ditargetkan sebelumnya.

Apa itu SEO dan apa manfaat SEO untuk bisnis Anda?

Secara lebih jelasnya berikut adalah manfaat web Anda jika berada pada posisi teratas atau setidaknya web Anda berada di halaman pertama dari hasil pencarian :

  1. Peluang calon pembeli untuk mengunjungi situs web Anda menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pengunjung, kemungkinan pengunjuang yang menjadi pembeli suatu produk tertentu juga akan semakin tinggi.
  2. Citra dan reputasi semakin baik serta dipercaya di mata pengunjung, jika web Anda berada di posisi teratas atau di halaman pertama Google.

Menurut Danny Sullivan dalam sejarahnya istilah SEO sendiri diunakan pada tanggal 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di situs Usenet.

danny sullivan

Pada saat itu penggunaa algoritma mesin pencari belum sekompleks sekarang sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma untuk pencarian kala itu adalah berdasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster dari meta tag di kode html situs web mereka.

Meta tag sendiri menyediakan informasi mengenai konten yang tersimpan di suatu halaman situs web dengan serangkaian kata kunci atau keyword.

Manipulasi yang dilakukan oleh webmaster untuk menunjang web mereka adalah dengan cara memasukkan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs sesungguhnya mereka, yang mengakibatan mesin pencari salah menempatkan serta memberi peringkat situs tersebut.

Manipulasi yang dilakukan cukup membuat kesal oleh pengguna internet yang tidak mendapatkan informasi yang relevan dan berkualitas sesuai dengan keinginan.

Selain itu, hal ini juga cukup meruikan mesin pencarian tertentu yang sudah dianggap kurang kredibel dalam menjembatani pengguna dengan apa yang dicari.

Untuk mengatasi hal ini dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, yaitu Larry Page dan Sergey Brin membangun Backrub.

Backrub merupakan mesin pencari yang sederhana dengan mengandalkan perhitungan matematika atau algoritma untuk melakukan peringkat halaman.

Algoritma ini dinamakan pagerank, yang terdiri atas fungsi matematika yang kompleks berisi kombinasi dari perhitungan jumlah link yang mengarahkan pada suatu halaman web dengan analisis berdasarkan kualitas dari masing – masing link pada situs yang dimaksud.

Prinsip kerja pagerank adalah peringkat tertinggi akan didapatkan dari seberapa banyak web lain yang mlakukan link terhadap web tersebut.

Nilai juga akan semakin tinggi jika web yang melakukan link merupakan web dengan kualitas yang tinggi pula.

Situs berkuaitas tinggi yang mampu mendobrak popularitas web adalah diantaranya Yahoo! atau DMOZ.

Dalam perjalanannya sejak tahun 1997, para webmaster tidak kehilangan cara untuk dapat terindeks ke urutan atas di mesin pencarian, bahkan hal ini bersifat manipulatif dan ilegal.

Salah satu mesin pencarian pertama yaitu Infoseek melakukan perbaikan algoritma mereka untuk mengatasi masalah tersebut diantaraya adalah mendeteksi meta tag yang tidak relevan.

Kelanjutan dari Backrub ini adalah terciptanya mesin pencarian no.1 di dunia saat ini yaitu Google pada tahun 1988 oleh orang yang sama yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

larry page sergey brin

Google ini merupakan versi kelanjutan dari backrub yang lebih berkualitas tanpa manipulasi, cepat, dan relevan.

Google juga menggunakan pagerank yang digunakan sebagai standar mesin pencari lain maupun juga webmaster yang berusaha untuk mendapatkan posisi tertinggi pada hasil pencarian di Google.

Mesin pencarian yang besar seperti Google menyediakan progam dan panduan yang memungkinkan para webmaster untuk melakukan optimalisasi situs dengan baik.

Google menawarkan aplikasi webmaster tool yang otomatis akan Anda dapatkan saat Anda membuat akun Google.

Selain webmastertool Google juga menyediakan sitemap yang berbasis XML sebagai standar mereka.

Mesin pencari terbesar yang lain adalah Yahoo!. Untuk mengoptimalisasi situs pengguna, Yahoo! menyediakan program Site Explorer yang otomatis akan Anda dapatkan saat Anda membuat akun Yahooo!.

Dengan fitur yang disediakan oleh Yahoo ini meemungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, melakukan cek jumlah halaman mereka yang belum ter indeks database Yahoo!, serta melihat informasi link yang masuk.

Yahoo! sebagaimana Google sangat melarang dan tidak mentolerir adanya metode SEO yang menghalalkan segala cara dan manipulatif.

Manipulasi mesin pencari

Ancaman terhadap manipulasi mesin pencari oleh sejumlah webmaster terus berlanjut hingga sekarang. Dewasa ini para webmaster sudah mulai cerdik dengan melakuakan serangkaian trik dan manipulasi.

Bahkan sejumlah webmaster dan para praktisi SEO mampu mengembangkan berbagai metode untuk memanfaatkan pagerank demi menunjang halaman web mereka masuk dalam peringkat teratas.

Hal ini tentu dilarang keras ole Google, terutama para webmaster dan praktisi SEO yang menggunakan beberapa teknik ilegal, seperti link farming, keyword stuffing, doorway pages, dan auto generated pages atau scraper pages.

Google mengancam bahwa situs yang menggunakan layanan SEO tersebut akan dihapus dari indeks pencarian.

Google mengeluarkan ancaman serius bagi webmaster yang masih saja melakukan manipulasi setelah adanya himbauan dari Google.

Tepatnya pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google menyatakan bahwa URL dari sebuah firma SEO yang bernama Traffic Power beserta klien  klien mereka telah dihapus oleh Google dari indeks pencarian Google karena diketahui mereka menggunakan teknik SEO yang ilegal.

Tidak hanya itu, kasus lain yang juga terkenal adalah pada bulan Februari 2006. Saat itu Google menghapus situs web dari perusahaan BMW dan Ricoh Jerman karena telah terbukti menggunakan metode manipulatif.

google penalty

BMW dan Ricoh Jerman selanjutnya meminta maaf terhadap pihak Google dan langsung memperbaiki situs web mereka.

Hal ini tentunya cukup memalukan dan membuat citra buruk dari kedua perusahaan besar tersebut.

Meskipun bayak webmaster dan praktisi SEO yang melakukan manipulasi dan tindakan ilegal lainnya dalam optimalisasi situs web mereka.

Tokoh – Tokoh SEO

Namun terdapat beberapa tokoh terkemukan yang menjadi figur sebagai acuan bisnis mesin pencari dan SEO, mereka adalah:

  1. Danny Sullivan

Danny Sullivan adalah mantan wartawan LA Times yang juga mendirikan situs web Search Engine Watch. Fungsi dari adanya situs ini adalah aktif untuk melihat perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Saat ini Beliau aktif dalam menulis seta membuat reportase di Search Engine Land.

  1. Matt Cutts

matt cutts

Matt Cutts merrupakan programmer sekaligus mantan pegawai dari NSA ( National Security Agency ) Amerika Serikat yang juga ikut bergabung dengan Google pada tahun 2001.

Saat ini Beliau mengetuai tim penanggulangan spam di Google. Matt Cutts juga dikenal sebagai seorang blogger terkemuka dengan membuat materi tentang perkembanan teknologi pencarian Google.

Artikel yang dibuat di blog Matt Cutts ini menjadi rujukan pencarian pertama oleh para praktisi SEO seluruh dunia. Matt Cutts juga sering dianggap publik sebagai juru bicara tidak resmi dari Google.

  1. Vannesa Fox

vanessa fox

Vannesa Fox juga merupakan tokoh yang pernah bekerja di Google, tepatnya Beliau menjadi karyawati di Google. Beliau dikenal sebagai konseptor sekaligus programmer yang mengetuai proyek terkenal, yaitu Google Webmaster Central.

Langkah sederhana tanpa harus ribet dengan bahasa pemograman yang bisa Anda lakukan untuk melakukan SEO yang diperkenankan oleh Google, diantaranya adalah melalui Google AdWords.

Google Adwords merupakan iklan yang berisi link ke web Anda yang memanfaatkan pembayaran pay per click (PPC) atau bayar per klik. Jadi Anda akan benar  benar dikenai pembayaran jika ada pengunjung yag meng klik iklan Anda.

Namun, jika tidak maka pihak Google tidak memnta pembayaran se persen pun. Biaya yang dikenakan per klik ini besarnya berbeda  beda, hal ini tergantung dengan proses lelau ( bidding ) dari kata kunci yang dilakukan oleh si pemasang iklan

Demikian sejarah perjalanan SEO dan berbagai informasi terkait yang telah dirangkum dalam pembahasan di atas.semoga hal di atas dapat menambah wawasan pengetahuan Anda terkait SEO.

Akhir kata semoga bermanfaat dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel ini.

Apabila Anda masih belum paham tentang apa itu SEO, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *