4 Marketplace Indonesia Terbaik Untuk Berjualan Online

Meskipun nilai pasar marketplace Indonesia cukup beragam berdasar pada beberapa riset, mereka semuanya sekurang-kurangnya sepakat juga akan satu hal: perubahan pasar e-commerce Indonesia tumbuh dengan pesat.

Pasar marketplace B2C (business-to-consumer) Indonesia mempunyai catatan perkembangan paling besar di Asia Pasifik sampai 2018.

Marketplace selalu siap untuk dimasuki oleh siapa saja yang siap untuk bersaing. Untuk Anda yang tengah memperhitungkan untuk mulai lakukan penjualan online, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi marketplace yang baik dan memiliki masa depan yang cerah.

Perlu Anda ketahui, Berbeda dengan online shop, marketplace adalah pihak ketiga antara Anda dengan pelanggan Anda.

Jadi, semua marketplace berikut ini juga akan sediakan service rekening dengan (rekber atau escrow) untuk memberi perlindungan lebih pada beberapa penjual serta konsumen.

Situs seperti Kaskus, OLX, serta Berniaga tidak termasuk juga di daftar ini karna mereka mempunyai jenis usaha classifieds atau listing online.

Tak ada feature rekber di dalamnya. Kami juga tidak memasukkan Indonetwork karna situs itu lebih fokus merekrut perusahaan dibanding perorangan jadi penjual.

Marketplace Indonesia Terbaik versi Metropolution

Nah, Setelah kalian tau apa itu perbedaan marketplace dengan online shop, yuk kita mulai cari tau, apa aja sih marketplace di Indonesia yang sangat layak digunakan untuk mendongkrak bisnis kita.

Check this out! Oh iya, ini bukan promosi ya, ini murni dari pengalaman kami selama berjualan online.

  1. Bukalapak

logo bukalapak marketplace indonesia

Didirikan pada tahun 2010 dengan nama Suitmedia, Bukalapak tumbuh sebagai salah satu marketplace terbesar dan terbaik karya anak bangsa di Indonesia.

Achmad Zaky, CEO Bukalapak, mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar lebih dari 1.000.000 penjual dan 5,5 juta produk aktif di Bukalapak.

Pada Januari 2016, Achmad mengatakan bahwa Bukalapak memproses transaksi senilai Rp 4 Miliar setiap harinya.

Di marketplace ini, para pengguna dapat melakukan jual beli dengan harga pas maupun harga yang siap untuk dinegosiasikan. Bukalapak memiliki fitur dompet virtual bernama Bukadompet sebagai salah satu metode pembayaran.

Saat ini berjualan di Bukalapak masih gratis. Namun, untuk mempromosikan produk, Anda tentu saja harus membayar lebih.

 

  1. Tokopedia

logo tokopedia

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 oleh Wiliam Tanuwijaya. Bisa dibilang, tokopedia ini adalah perintis pasar dalam dunia marketplace di Indonesia.

Sama seperti bukalapak, siapapun dapat bergabung dengan tokopedia karena sampai saat ini, untuk memulai berjualan di tokopedia masih gratis.

Tokopedia menyediakan fitur Gold Merchant, yaitu fitur khusus untuk penjual yang ingin meningkatkan penjualannya.

Penjual juga bisa mempromosikan produknya menggunakan fitur TopAds, tapi penjual harus berlangganan Gold Merchant terlebih dahulu.

 

  1. Lazada

logo lazada

Lazada Indonesia adalah bagian dari Lazada Grup yang didirikan pada tahun 2011 oleh Rocket Internet di Singapura.

Saat ini, Lazada telah memiliki cabang di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, danlain-lain. Pada tahun 2016, Lazada diambil alih oleh Alibaba Group, salah satu marketplace terkemuka di China.

Untuk mulai berjualan di Lazada masih gratis saat ini, namun Lazada akan mengambil komisi, biaya transfer dan pajak dari penjualan Anda.

Lazada memberikan subsidi untuk pengiriman. Lazada memiliki banyak sekali fitur untuk mempromosikan produk atau toko online kita, dan ini gratis asalkan Anda mengerti cara menggunakannya.

 

  1. Shopee

logo shopee

Sebagai pendatang baru, Shopee mampu bersaing dengan para seniornya dalam hal memperbanyak pengunjung. Shopee didirikan pada tahun 2015 dibawah naungan Garena. Shopee terkenal dengan taglinenya yaitu ‘Gratis Ongkir’.

Saat ini mendaftar sebagai penjual di shopee masih gratis, namus shopee menyediakan iklan berbayar hampir sama dengan apa yang ditawarkan bukalapak dan tokopedia.

Shopee juga sangat gencar beriklan di berbagai Media, baik itu media cetak atau media elektronik yang meningkatkan brand awareness-nya.

Nah, Itu dia 4 Marketplace Indonesia terbaik yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis online Anda. Tidak perlu memilih salah satu, jual semua barang yang Anda punya di Semua Marketplace tersebut.

Semoga sukses dalam menjalankan Bisnis online Anda. Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

Salam Teknologi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *